Tempat rekreasi yang berada di daerah Kabupaten Kuningan, lebih tepatnya di daerah Palutungan atau kaki Gunung Ciremai, menawarkan tempat wisata alam yang akan memanjakan para pengunjung dengan keindahan alam yang masih rindang walaupun tempatnya sederhana namun mampu mengobati rasa ingin pergi liburan bersama keluarga. Kawasan tersebut memiliki beberapa air terjun, pertama ada air terjun Curug Putrinya sendiri, sebelah timur ada air terjun Curug Landung dan melompat ke barat ada air terjun Curug Mangkok yang saat ini telah di non fungsikan. Curug Putri memiliki tinggi sekitar 20 meter dikelilingi pepohonan dan tebing yang sejuk, jika dilihat dari kejauhan curug putri bisa terlihat menyerupai penampakan putri yang memaikai gaun berwarna putih.

Sejarah Curug Putri, memiliki asal usul yang menarik menurut cerita yang beredar Curug Putri konon merupakan tempat pemandian bidadari jika turun hujan maka muncul pelangi yang akan terlihat didekat pepohonan sekitaran Curug Putri, itu menandakan bahwa keberadaan bidadari itu memang benar adanya, semenjak kejadian tersebut maka masyarakat sekitar memberikan nama yaitu curug putri. Pada zaman penjajahan Belanda para kolonial pernah mendiami kawasan tersebut, bukti peninggalanya yaitu adanya bekas pabrik teh dikawasan sekitar wisata curug putri.

Mitos yang beredar dilingkungan masyarakat, mereka percaya bahwa ketika kita mempunyai hajat atau pun keinginan dan datang mengunjungi Curug Putri, maka keinginan mereka akan terpenuhi seperti jodoh ataupun rejeki akan segera terpenuhi. Para pengunjung sering mengalami kejadian yang tidak mereka harapkan, entah itu melihat, mendengar, merasakan, ataupun mengalami kejadian yang kurang masuk akal seperti melihat seorang putri yang sedang mandi tetapi ketika didekati tiba tiba menghilang, adapun ketika para pengunjung mengambil gambar karena ingin ber swafoto dan pada saat mereka melihatnya kembali tanpa sadar ada objek lain yang kelihatanya janggal seperti penampakan wanita berbaju putih yang sedang duduk dipinggir kolam. Adapun yang lebih parah lagi ketika ada anak sekolah yang bertujuan camp yang diadakan pihak sekolahnya dan pada malam hari kegiatan perkemahan siswa siswa kesurupan masal, itulah mitos yang sering terjadi di kawasan wisata Curug Putri Palutungan.

Dari sekian banyaknya mitos yang beredar, ada juga wahana wahana yang bisa membuat para pengunjung betah untuk menghabiskan waktunya bersama keluarga, pasangan, atau teman, diobjek wisata Curug Putri Palutungan menyediakan wahana tempat camp, flying fox, dan pemandian air terjun Curug Putri. Disana juga terdapat jajanan warung yang menyediakan oleh oleh khas daerah Kuningan. Disebelah timur objek wisata tersebut terdapat kendang para peternak sapi perah dan ada juga lahan lahan perkebunan milik warga

Komentar Post Diatas