SERIBUPOST, Biasanya minyak menjadi identik dengan kegemukan. Karena itu, minyak menjadi musuh utama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, lain halnya dengan minyak zaitun, selain membantu menurunkan berat badan, minyak ini juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan, seperti ketombe, kulit kering, dan keriput. Selain berguna untuk perawatan tubuh dan kecantikan, minyak yang baik dikonsumsi secara langsung ini juga memiliki sejumlah khasiat yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, seperti untuk memasak dan menjaga kesehatan.

Ada sejumlah komponen kimia penting yang terkandung di dalam minyak zaitun yang membuat minyak ini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, yang sebagian besar diantaranya berupa asam lemak tidak jenuh tunggal jenis asam oleat yang dikenal dengan sebutan omega 9.

Macam_macam Minyak Zaitun :

  1. Extra Virgin Olive Oil (EVOO)
    EVOO dianggap sebagai minyak zaitun dengan kualitas terbaik karena tahapan proses produksinya sedikit sehingga kandungan antioksidannya, terutama fenol dan vitamin E, sangat tinggi. Aromanya tajam, berwarna keemasan dan rasanya seperti buah zaitun segar. Disebut extra virgin karena hanya melalui satu kali proses pemerasan dan langsung dikemas dalam botol. EVOO diproduksi secara alami dengan menggunakan metode fisik, tanpa bahan kimia. Karena itu, harganya pun menjadi lebih mahal. Menurut para ahli yang pernah mencicipi minyak jenis ini, EVOO memiliki ketentuan rasa sebagai berikut : Fruity, Bitter dan Pedas
  2. Virgin Olive Oil (VOO)
    VOO merupakan minyak zaitun yang berasal dari perasan buah zaitun. Warnanya kuning kehijauan dengan aroma buah zaitun yang kuat. Rasanya bervariasi dan lebih ringan dibandingkan EVOO. Minyak zaitun jenis ini memiliki bilangan asam kurang dari 2,0-2,5 %, yang dinyatakan sebagai asam oleat. Manfaatnya hampir sama dengan EVOO tetapi bisa digunakan untuk memasak.
  3. Pure Olive Oil (POO)
    Biasanya disebut dengan olive oil saja, merupakan minyak zaitun yang dihasilkan melalui beberapa penyaringan dan pemurnian. POO memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu tinggi dan bilangan asam yang hampir sama dengan VOO. Namun tingkat kandungan gizinya lebih rendah dibandingkan dengan EVOO dan VOO
  4. Extra Light Olive Oil (ELOO
    ELOO biasanya digunakan untuk menumis atau menggoreng karena tahan akan suhu tinggi, dengan titik asap 225-242 C. ELOO merupakan jenis minyak zaitun yang mengalami beberapa proses pemerasan sehingga kadar minyaknya sudah banyak yang hilang. Begitu juga dengan kandungan zat gizinya. Minyak ini memiliki warna kuning bening.
Komentar Post Diatas