SERIBUPOST, Pakar Kesehatan mengatakan bahwa 70% bagian dari tubuh kita adalah air, sedangkan setiap orang memiliki ukuran, bentuk tubuh serta volume yang berbeda, jadi berapakah banyak air yang dibutuhkan untuk dikonsumsi? Sehari dibutuhkan 8 gelas, lalu apakah sama bagi seseorang yang memiliki berat badan 48 kg dengan orang yang memiliki ukuran berat badan 80 kg, lalu bagaimana dengan aktifitas yang dilakukan? Apakah orang yang melakukan olahraga membutuhkan cairan yang sama dengan orang yang tidak melakukan oleh orang yang tidak melakukan olahraga? Bagaimana pula dengan kelembapan serta keadaan suhu udara, untuk orang yang tinggal di udara tropis yang udaranya panas apakan sama dengan kebutuhan cairan bagi orang yang tinggal dilingkungan yang tekanan udaranya rendah, diudara dingin seperti kutub? Berapa banyak seharusnya Anda minum air putih dalam sehari untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh? Sebagian menyebut delapan gelas, ada pula yang mengatakan dua liter per hari. Lalu mana yang benar?

Sebenarnya kebutuhan asupan air pada setiap orang bisa berbeda-beda, meskipun memang umumnya disarankan minimal delapan gelas per hari. Banyaknya cairan yang diperlukan tergantung dari berat badan, aktivitas tubuh hingga pola makan sehari- hari. Seperti dikutip dari Times of India, begini formulanya untuk mengetahui apakah Anda sudah mencukupi cairan atau belum.

Formula Untuk Mengetahui Kebutuhan Air

  1. Timbang Berat Badan

    Setiap orang memiliki berat badan yang berbeda, dan kebutuhan akan cairannya pun bisa berbeda. Misalnya saja orang dengan berat badan 45 kg tidak perlu meminum air sebanyak orang yang memiliki bobot 70 kg.

  2. Bagi Per 30

    Bagi berat badan Anda dengan angka 30, jawabannya adalah liter air yang perlu Anda minum per harinya. Sebagai contoh, jika berat Anda 60 kg, maka jika dibagi dengan 30, berarti air yang perlu Anda minum adalah 2 liter. Apabila berat 80 kg, maka 80 : 30 = 2,6, berarti Anda perlu minum 2 liter 600 ml air. Sementara itu untuk berat badan 45 kg, air yang perlu diminum adalah 1,5 liter.

  3. Perhatikan Aktivitas Fisik

    Jika Anda rutin olahraga, berarti tubuh akan kehilangan cairan melalui keluarnya keringat. Maka dari itu Anda perlu menambah asupan air sesuai durasi olahraga yang dilakukan. Disarankan menambah sekitar 350 ml air untuk setiap sesi olahraga selama 0,5 jam. Jadi apabila Anda olahraga selama satu jam maka asupan air yang perlu ditambah 0,7 liter atau setara 700 ml.

  4. Makanan Juga Mengandung Air

    Jika Anda disarankan minum 1,5 atau 2 liter air, bukan berarti Anda harus minum air putih sebanyak itu. Kebutuhan cairan juga bisa dipenuhi lewat makanan. Sekitar 20-25 persen asupan air berasal dari makanan yang Anda santap. Baik itu berasal dari buah-buahan, sayuran, atau makanan berkuah. Sisanya, harus tetap dipenuhi dalam bentuk minuman dan diutamakan air putih. Apel misalnya, dalam satu butir apel ukuran sedang mengandung sekitar 116 ml air. Sementara jeruk seberat 140 gram mengandung sekitar 122 ml air. Sementara sayuran rata-rata mengandung air sekitar 19 hingga 114 ml. (hst/hst).

Begitulah tubuh sangat memerlukan air, kekurangan air mampu melemaskan tubuh, dehidrasi hingga terparahnya adalah bisa mengidap beberapa penyakit keras karena kekurangan cairan. Cairan mampu memulihkan tenaka dalam tubuh, dan membuat konsentrasi. Tentunya manusia pun hanya mampu bertahan 3 hari tanpa air, jadi begitulah pentingnya air bagi tubuh. Tak salam orang mengatakan bahwa air adalah sumber kehidupan, karena memang air memiliki peran penting dalam tubuh dan tentunya dalam kehidupan, tak hanya untuk manusia saja, hewan serta tumbuhan pun membutuhkan air, yang lebih jelasnya lagi coba kita amati tumbuhan, pohon atau tanaman yang tidak diberi air maka tak akan tumbuh melainkan layu dan akan mati, hal itu sama saja dengan yang akan di alami oleh hewan atuapun manusia sebagia makhluk hidup.

Komentar Post Diatas