SERIBUPOST, Kurma sudah menjadi ciri khas makanan bulan Ramadhan, pada saat bulan Ramadhan kita bias dengan mudah mencari ataupun mendapatkan buah kurma karena dibulan Ramadhan banyak orang yang menjualnya dari mulai warung kecil, toserba, ataupun supermarket. Seperti yang dilansir dari viva.co.id mengonsumsi kurma saat berbuka puasa menjadi pilihan yang paling tepat. Dikarenakan, kandungan yang dimiliki buah kurma sangat lengkap dan sudah mampu mencukupi kebutuhan tubuh, khususnya usai berpuasa seharian.

Kurma kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, buah dengan rasa manis ini mengandung minyak, kalsium, zat besi, hingga magnesium. Kandungan lengkapnya ternyata terbukti tidak dimiliki jenis buah lainnya.

dr. Aswin Pramono, Sp. PD. yang merupakan spesialis penyakit dalam mengatakan “Kurma memang buah terbaik untuk berbuka puasa. Kandungannya lengkap dan tidak ada penelitian yang menemukan jenis buah lain yang kandungannya sama seperti kurma,”

Menurut dr. Aswin, kandungan yang paling dibutuhkan tubuh dan ada di dalam kurma adalah gula. Di mana, sumber gula dari kurma ini tergolong gula baik dan sudah mencukupi kebutuhan gula tubuh usai berpuasa. “Kandungan gizi di dalam kurma sudah terbukti sangat lengkap. Berbuka puasa kita butuh gula dan sumber nutrisi lainnya, itu bisa ditemukan dalam kurma,” terangnya.

Meski begitu, Aswin menerangkan bahwa jenis buah lainnya tetap baik untuk tubuh walau kandungan gizinya tidak sempurna seperti kurma. Jenis buah lain yang bisa dikonsumsi dengan kandungan gizi yang mencukupi seperti mangga dan pepaya.

“Nutrisi di buah lain yang hampir mirip dengan kurma memang belum ada. Tapi, boleh pilih mangga dan pepaya, karena kandungan air dan mineralnya cukup. Kalau pisang, mineral cukup tapi air kurang dan kalau semangka, kurang gula dan banyak air,” jelasnya.

Komentar Post Diatas